Pelumas Mobil & Cara Mengaplikasikannya Mudah

pelumas mobil

Kamu harus tahu bagaimana cara mengaplikasikan atau menggunakan pelumas mobil supaya bisa hindari keribetan di masa depan. Ada kemungkinan suatu saat nanti kamu tidak bisa mengandalkan jasa orang lain atau bengkel untuk menggantikan oli mobil kamu. 

Daripada nantinya kamu akan ribet sendiri, akan jadi solusi jika sedini mungkin kamu tahu bagaimana cara melakukan penggantian ini. Berikut ini adalah satu per satu cara melakukan penggantian pelumas pada mesin mobil. 

Mengatur Posisi Mobil dan Menghangatkan Mesin 

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah memposisikan mobil dengan benar. Bagaimana posisinya akan dijelaskan sebagai berikut. Atur dulu mobil kamu berada di atas jalanan yang datar. Datar, bukan di jalan yang miring. 

Setelahnya, dongkrak dengan alat khusus. Kamu bisa meminta bantuan orang sekitar jika kesulitan. Sebab belum terbiasa akan membuat siapa saja kesulitan dalam melakukannya. 

Setelah posisi mobil sudah benar, kamu perlu menghangatkan mesin mobil. Istilahnya bukan memanaskan namun menghangatkan. Sebab kamu tak perlu terlalu lama menyalakan mesin supaya bisa segera diisi oli yang baru. 

Melepas Komponen Untuk Memaksimalkan Cara Mengaplikasikan Pelumas Mobil 

Kemudian setelah mesin sudah cukup hangat, satu per satu komponen yang ada bisa kamu lepas. Pertama kamu akan mencari di mana tangki oli berada. Jika sudah, buka tangki tersebut dengan tangan. Dikatakan demikian karena kamu sama sekali tidak disarankan untuk membukanya dengan alat khusus. 

Setelah terbuka, apa yang harus kamu lakukan adalah mencari pan pelumas. Jika sudah ketemu, kamu harus melepaskan baut pada steker supaya pan ini bisa terlepas. Pan ini adalah wadahnya pelumas mobil, jadi kamu tentu harus mengeluarkannya. Untuk melepaskan steker pelumas kamu bisa pakai kunci inggris, tidak lagi disarankan untuk menggunakan tangan kosong supaya bisa terbuka. 

Tidak langsung mengganti dengan pelumas baru, masih ada lagi step selanjutnya yang harus diikuti dan dipahami. Kamu sudah membuka baut pada steker sehingga pelumas akan keluar. Di bagian ini kamu harus menunggu antara 20 sampai 30 menit. Tujuannya adalah supaya pelumas yang lama bisa keluar semuanya. Setelah ini semua selesai, kamu baru bisa lanjut ke cara selanjutnya. 

Menuangkan Pelumas Baru dan Memastikan Posisi Filter Sudah Pas  

Cara berikutnya adalah untuk mengganti pelumas mobil sebab tempat atau wadah dari pelumas lama sudah kamu keluarkan. Apa yang pertama kali dilakukan adalah untuk mencari filter oli. Kamu harus menemukannya dan mengeluarkannya. 

Bentuk dari komponen ini adalah silinder sepanjang 8 sampai 10 cm. Untuk warnanya, bisa saja hitam, putih, dan juga bisa biru. Letaknya dekat dengan pan pelumas. Jika sudah, lepaskan beserta karetnya. 

Kamu akan membutuhkan lap untuk membersihkan permukaan mesin dari oli yang lama. Sebelumnya, kamu harus pastikan dulu untuk menaruh filter oli di posisi tepat sebab mungkin saja masih ada oli panas di dalamnya. 

Kembali ke membersihkan permukaan mesin. Apabila permukaannya sudah bersih, kamu harus memastikan dulu filter oli sudah yang baru beserta karetnya sudah lembab. Cara membuatnya lembab adalah dengan mengolesi pelumas. Baru kemudian pelumas mobil yang harus sudah bisa dituangkan. 

Mudah dipahami dan bisa segera dicoba sendiri bukan? Awalnya mungkin kamu akan butuh banyak waktu karena terbiasa, namun pastilah suatu saat nanti kamu bisa terbiasa. Tipsnya adalah untuk tidak membuka dan menutup penutup tangki maupun filter menggunakan alat, sebab semua komponen ini telah didesain khusus untuk dibuka dan ditutup dengan tangan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *