Peralatan Darurat Mobil Ini & Cara Penggunaannya

peralatan darurat mobil

Apakah kamu sudah mengetahui soal peralatan darurat mobil? Peralatan darurat sendiri merupakan peralatan yang digunakan pada saat-saat yang darurat. Sama halnya dengan peralatan darurat mobil. Peralatan darurat pada mobil biasanya digunakan pada saat terjadi keadaan darurat pada mobil. Lantas keadaan darurat seperti yang bisa terjadi pada mobil? Banyak sekali. Bisa saja ban mobil yang tiba-tiba pecah di perjalanan, mobil mogok, aki mati, dan masih banyak keadaan darurat lainnya. Pada saat terjadi keadaan darurat seperti inilah peralatan darurat digunakan. Peralatan darurat ini digunakan agar dapat mengatasi keadaan tersebut.

Ada pun peralatan darurat yang biasanya digunakan pada mobil adalah kunci-kuncian, obeng, tang, tali derek, segitiga pengaman mobil, dan masih banyak lagi. Dengan menyiapkan semua peralatan darurat ini, dijamin kamu tidak akan kebingungan saat terjadi hal terduga pada mobilmu. Kalau kamu sudah mempunyainya, ada baiknya kamu mengetahui cara pemasangan dan penggunaan peralatan darurat tersebut. Adapun cara-caranya bisa kamu simak pada tulisan di bawah ini.

Cara Memasang dan Menggunakan Peralatan Darurat Mobil Dengan Mudah

Cara pemasangan dan penggunaan satu peralatan darurat akan berbeda dengan peralatan darurat lainnya. Maka dari itu kamu perlu menambah pengetahuan dan wawasanmu agar bisa menggunakan peralatan darurat ini baik dan benar. Adapun di sini kamu akan diberitahukan soal pemasangan dan penggunaan beberapa peralatan darurat pada mobil yang sering digunakan.

1. Alat Pemadam Api

Salah satu peralatan darurat yang sering digunakan adalah alat pemadam api. Alat pemadam api yang biasanya digunakan pada mobil adalah alat pemadam dengan tabung kecil. Tabung ini berisi cairan kimia dan berfungsi untuk bisa memadamkan api dengan cepat. Mobil sendiri merupakan kendaraan yang menggunakan bahan bakar dan rentan terjadi kebakaran kalau ada kerusakan. Kalau hal ini terjadi pada mobilmu atau mobil di sekitarmu kamu bisa menggunakan alat pemadam api ini.

Caranya mudah, cukup arahkan selang atau kepala tabungnya ke sumber api. Buka katupnya perlahan dan biarkan cairan pemadam apinya keluar. Biarkan sampai api benar-benar padam. Mudah sekali bukan? Dengan mengetahui cara ini berarti kamu sudah mempunyai skill basic untuk memadamkan api dengan alat pemadam api.

2. Kunci-Kuncian, Obeng, dan Tang

Peralatan darurat kedua yang biasanya digunakan adalah kunci-kuncian, obeng, dan tang. Biasanya alat-alat teknik ini digunakan untuk memperbaiki atau mengganti beberapa bagian pada mobil. Contohnya saja mengganti ban mobil yang pecah atau memasang bumper yang terlepas. Untuk bisa mengganti ban yang pecah, kamu bisa membuka baut pada ban dengan kunci yang tersedia.

Sesuaikan ukuran kepala kunci dengan baut pada ban. Setelah itu kamu bisa mengganti ban dan memasang kembali baut yang telah ditelaah dilepasnya sebelumnya. Untuk alat teknik lain seperti obeng dan tang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

3. Segitiga Pengaman Mobil

Peralatan darurat yang terakhir adalah segitiga pengaman mobil. Peralatan ini merupakan peralatan yang pastinya dimiliki semua mobil. Bahkan ada beberapa produsen mobil yang memberikan alat ini di dalam mobilnya. Untuk menggunakannya, kamu cukup merangkai besi segitiga pengaman mobil hingga menjadi bentuk segitiga dan bisa berdiri. Letakkan segitiga pengaman mobil sekitar satu sampai dua meter di belakang mobilmu. Dengan begitu pengendara yang melintas bisa was-was dan tahu posisi mobilmu yang sedang berhenti.

Itulah peralatan darurat yang wajib ada di mobil kamu ya, jangan sampai ketinggalan. Karena keselamatan merupakan hal penting yang harus diutamakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *