Peralatan Keamanan Mobil? Ini Cara Gunakannya!

peralatan keamanan mobil

Peralatan keamanan mobil merupakan peralatan nomor satu yang wajib ada di dalam mobilmu. Peralatan keamanan mobil ini nantinya bisa membantumu saat ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Tahukah kamu kalau banyak sekali jenis produk peralatan keamanan yang bisa digunakan pada mobil? Beberapa di antaranya adalah segitiga pengaman mobil, alat pemadam kebakaran, tali derek, kotak P3K, charger aki, dan masih banyak lagi. Alat-alat ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda begitu juga dengan cara penggunaannya.

Misalnya saja segitiga pengaman mobil. Alat ini digunakan untuk memberitahu pengendara lain bahwa kendaraanmu sedang berhenti karena kerusakan seperti mogok. Dengan begitu pengendara lain bisa melihat mobilmu dengan jelas dan menghindari mobilmu saat ada di pinggir jalan. Begitu halnya dengan alat lain yang mempunyai manfaat dan fungsi berbeda-beda. Untuk tahu lebih banyak soal fungsi serta cara penggunaan alat keamanan mobil ini, kamu bisa cek tulisan di bawah ini.

Cara Memasang dan Menggunakan Peralatan Keamanan Mobil Dengan Mudah dan Cepat

Terdapat banyak sekali jenis dan macam peralatan keamanan yang bisa digunakan di mobil. Maka dari itu, cara penggunaan peralatan ini juga berbeda-beda. Untuk memudahkanmu, berikut ini kamu akan diberitahu cara menggunakan dan memasang tiga peralatan keamanan yang biasanya ada pada mobil.

  • Segitiga Pengaman Mobil

Peralatan keamanan pada mobil pertama adalah segitiga pengaman mobil. Alat ini mungkin sudah familiar dan sering kamu temukan. Segitiga pengaman mobil sendiri merupakan alat yang digunakan untuk memberitahu pengendara lain bahwa mobil sedang mogok atau rusak. Biasanya alat ini diletakkan di belakang mobil yang mengalami kerusakan tersebut. Dengan begitu pengendara yang akan melintas dapat melihat dengan jelas bahwa mobil tersebut sedang berhenti.

Segitiga pengaman mobil biasanya hadir dengan bentuk yang bisa dilepas pasang serta bisa dilipat. Untuk menggunakanya kamu cukup memasang dan mengaitkan kaitan yang ada di belakang segitiga pengaman hingga ia bisa berdiri tegak. Letakkan sekitar satu meter di belakang mobil agar pengendara bisa melihatnya.

  • Alat Pemadam Kebakaran

Peralatan keamanan kedua adalah alat pemadam kebakaran. Alat pemadam kebakaran ini menjadi barang wajib yang harus kamu punyai di mobil. Alat ini bisa membantumu untuk memadamkan api kalau saja terjadi percikan api atau kebakaran pada bagian mobil seperti mesin. Kamu juga bisa menggunakanya kalau ada kebakaran di sekitar mobil kamu. Pokoknya barang ini pasti akan sangat bermanfaat untukmu.

Cara penggunaanya sendiri mudah. Umumnya alat pemadam kebakaran hadir dalam bentuk tabung dan mempunyai katup untuk melepaskan cairan kimia di dalamnya. Kamu cukup mengarahkan ke sumber api, membuka katup, dan biarkan cairan kimia pemadam apinya menyembur keluar hingga api padam. Beberapa produk pemadam api juga hadir dengan selang. Kalau ada selangnya, kamu bisa mengarahkan selang tersebut ke sumber api.

  • Alat Penahan Ban Mobil

Peralatan keamanan ketiga adalah alat penahan ban mobil. Mungkin terdengar sepele, namun alat ini akan sangat bermanfaat kalau mobil kamu tiba-tiba mogok di jalan. Alat ini digunakan untuk membuat mobil berhenti sempurna. Apalagi kalau mobil kamu mogok di daerah tanjakan atau turunan. Cukup menggunakan alat ini, mobil kamu akan berhenti dan kamu bisa mulai memperbaikinya. Alat ini bisa kamu gunakan dengan mudah yaitu dengan mengganjalkannya pada bawah ban.

Bagaimana? Mudah sekali kan cara memasang peralatan keamanan mobil? Kini sekarang kamu bisa mencobanya sendiri di rumah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *