Aksesoris Knalpot Mobil Baru Tidak Bisa Terpasang?

aksesoris knalpot mobil

Kamu sudah beli aksesoris knalpot mobil baru? Knalpot memang merupakan bagian mobil yang seringkali jadi sasaran modifikasi para pemilik mobil. Bukan hanya bumper dan warna cat mobil, knalpot mobil yang gaya dan kece bisa jadi menambah penampilan mobil kamu. Maka tidak heran kalau banyak sekali produk knalpot custom yang beredar di pasaran.

Produk knalpot ini juga bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran. Mulai dari toko konvensional sampai toko online. Merek dan desainnya juga beragam sehingga bisa kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhan mobil kamu. Apakah kamu sudah mendapatkan produk knalpot idamanmu? Sudah? Kalau sudah, sekarang saatnya untuk memasang knalpot tersebut. Memasang knalpot bisa kamu lakukan sendiri di rumah loh! Penasaran? Simak terus cara memasang aksesoris knalpot mobil di bawah ini.

Cara Memasang Aksesoris Knalpot Mobil Sendiri di Rumah

Membongkar dan memasang knalpot bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Walaupun akan lebih praktis kalau membawanya ke bengkel dan meminta bantuan reparator, memasang knalpot sendiri bisa membawa kebanggaan sendiri bagimu. Untuk itu, ketahui cara memasang aksesoris knalpot mobil berikut ini.

1. Pastikan Konfigurasi Knalpot Mobil Kamu

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah konfigurasi knalpot mobil kamu. Konfigurasi knalpot pada satu jenis mobil akan berbeda dengan jenis mobil lainnya. Misalnya saja konfigurasi knalpot mobil manual akan berbeda dengan konfigurasi knalpot mobil matic. Maka dari itu, perhatikan dan ingat susunan konfigurasi knalpot mobil kamu sebelum membongkar dan mengganti komponennya.

Hal ini dilakukan agar nanti kamu tidak salah urutan saat memasang kembali komponen knalpot yang sudah kamu beli. Kamu bisa menggunakan buku catatan atau mengambil foto knalpot kamu sebelum membongkarnya. Untuk jaga-jaga kalau saja kamu lupa nantinya.

2. Siapkan Alat

Sebelum memulai untuk membongkar knalpot lama dan memasang knalpot baru, kamu harus menyiapkan beberapa alat. Alat-alat tersebut seperti alas, dongkrak, obeng, dan kain. Alas digunakan sebagai tempat kamu berbaring saat nantinya membongkar dan melepas knalpot yang berada di area bawah mobil.

Dongkrak sendiri berfungsi untuk mengangkat bagian mobil agar memudahkan kamu untuk membongkar dan melepas knalpot. Obeng dan kain bisa kamu gunakan untuk melepas baut knalpot dan membersihkan area yang kotor sebelum memasang knalpot baru. Kalau semua alat ini sudah siap, kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

3. Bongkar dan Pasang Knalpot

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membongkar dan memasang knalpot. Menempatkan dongkrak pada bagian belakang mobil dan pompa dongkrak hingga ketinggian yang menurut kamu pas. Setelah itu letakkan alas yang sudah kamu siapkan, masuk ke area bawah mobil, dan lepas komponen knalpot yang ingin kamu ganti menggunakan obeng. Kalau komponen tersebut sudah terlepas, kamu bisa bersihkan bagian yang dibuka dengan kain.

Pasangkan komponen knalpot baru yang sudah kamu siapkan menggunakan obeng. Cek apakah komponen tersebut sudah terpasang dengan benar atau belum. Kalau sudah, kamu bisa keluar dari area bawah mobil dan menurunkan dongkrak. Nyalakan mesin, atur gigi dalam posisi netral, dan cek tekanan gas.

Sembari cek tekanan gas, lihat apakah knalpot yang sudah kamu pasang berfungsi dengan baik. Kalau sudah, proses mengganti knalpot sudah selesai. Mudah sekali bukan? Dengan begitu kamu tidak perlu bersusah payah pergi ke bengkel dan menghabiskan lebih banyak uang untuk mengganti komponen knalpot baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *