Aksesoris Eksterior Mobil Bikin Tampilan Mobil Keren!

aksesoris eksterior mobil

Membahas komponen aksesoris eksterior mobil, tentu tidak luput dari yang namanya bumper. Ngomong-ngomong soal bumper mobil, komponen ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Bumper terletak pada bagian depan dan belakang mobil yang berfungsi sebagai pelindung saat terjadi benturan pada mobil kamu. Selain sebagai pelindung, bumper juga dapat berfungsi sebagai aksesoris eksterior yang dapat membuat tampilan mobil kamu lebih kece dan keren. Namun, bumper adalah komponen mobil yang rentan rusak. Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Yuk simak tips berikut.

Yuk, Intip Tips Perbaiki Bumper Aksesoris Eksterior Mobil!

Terletak di bagian depan dan belakang mobil, membuat bumper rentan mengalami benturan dan kerusakan. Jika dahulu bumper mobil terbuat dari batang besi yang kuat, seiring berjalannya waktu, bumper mengalami modifikasi dan terbuat dari bahan plastik yang sangat rentan terhadap benturan. Kamu tidak perlu risau dan khawatir jika bumper mobil kamu mengalami kerusakan. Berikut beberapa tips mudah yang bisa kamu coba untuk memperbaiki bumper mobil kamu.

  1. Penyok

Jika bumper mobil kamu penyok karena menyerempet trotoar saat berkendara, cara sederhana berikut bisa kamu lakukan sebelum membawanya ke bengkel langganan kamu. Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan hair dryer. Tidak hanya berfungsi untuk mengeringkan rambut saja, tetapi hair dryer bisa juga kamu gunakan untuk mengembalikan bumper mobil kamu yang penyok. Kamu hanya perlu menyiapkan dua buah hair dryer dan cat mobil berwarna sama dengan bumper mobil kamu.

Kemudian, panaskan bumper menggunakan hair dryer sampai benar-benar panas dan meleleh. Setelah meleleh atau melunak, dorong perlahan bagian dalam bumper mobil kamu dengan menggunakan tangan atau dengan menggunakan martil karet sampai dapat kembali lurus seperti semula. Jika sudah kembali normal, oleskan cat secara berulang hingga menutupi bekas peyokan.

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan air panas. Jika kamu tidak memiliki hair dryer, kamu bisa menggunakan air panas untuk memperbaiki bumper yang penyok. Caranya cukup mudah, masak air hingga mendidih. Kemudian siramkan air tersebut pada permukaan bumper mobil yang penyok secara perlahan dan berulang. Setelah bumper mobil terlihat melunak, dorong bumper mobil dari dalam hingga bumper mobil kembali seperti semula. Setelah bumper lurus kembali, lakukan pengecatan ulang seperti cara sebelumnya, untuk menutupi bekas goresan bumper mobil kamu.

  • Renggang

Kerusakan lain yang bisa dialami bumper mobil adalah renggang. Hal ini bisa jadi disebabkan terkena terik matahari secara langsung atau terkena benda saat berkendara di medan yang buruk. Untuk mengatasinya kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut. Pertama, ukur renggangan dari body mobil ke bumper. Kemudian ukur jaraknya sesuai dengan lubang sekrup yang ada di bumper dan ada di body mobil. Lalu lepas bumper dan kabel-kabel yang terhubung pada bumper jika ada.

Setelah bumper terlepas, tel kembali pegangan body mobil ke bumper sesuai dengan ukuran yang telah diukur tadi. Tetapi jika lubang sekrup di bumper patah atau rusak, buatlah pegangan bumper baru dengan serat fiber. Langkah terakhir, pasang kembali kabel foglamp dan sekrup dari bumper mobil ke body mobil. Jika masih renggang, ganti bracket dalam bumper mobil kamu dengan yang baru, yang dijual dipasaran.

  • Robek

Saat mengalami benturan, bumper yang terbuat dari bahan plastik memang sangat rentan robek dan pecah. Tetapi kamu tidak perlu khawatir dan buru-buru menggantinya dengan yang baru. Jika keadaan bumper belum terlalu parah, kamu bisa memperbaikinya sendiri dengan cara menjahitnya dengan kawat. Pertama-tama, lepaskan bumper yang robek dari body mobil. Kemudian lubangi terlebih dahulu bumper mobil yang akan dijahit. Lalu rekatkan kedua bemper mobil yang robek tersebut dengan menggunakan kawat.

Setelah selesai dijahit, ratakan hasil jahitan dengan cara memanaskannya. Kamu juga bisa mendempul permukaan bumper agar terlihat lebih merata. Terakhir, cat secara berulang untuk menghilangkan bekas goresan. Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bumper yang robek adalah dengan menanam lempengan plat. Adapun langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan lempengan tipis agar dapat lebih mudah untuk dipanaskan dan dibentuk.

Selanjutnya, menyiapkan obeng yang akan digunakan untuk menutup celah pada bumper. Kemudian, tanam lempengan plat dari dalam dan tutup celah menggunakan plastik cair bemper itu sendiri. Setelah selesai, amplas bemper tersebut hingga rata. Kemudian lakukan pendempulan dan yang terakhir pengecatan ulang pada bumper mobil kamu.

Jadi jangan panik dulu ketika bumper kamu mengalami kerusakan ya, cek dan pahami kerusakan seperti apa yang sedang terjadi. Lalu mulai praktekan beberapa tips di atas. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *