Cara Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet

cara merawat mobil matic

Bagaimana cara merawat mobil matic wajib diketahui oleh setiap pemilik mobil dengan mesin matic. Bukan sembarang perawatan, sebab sebagian pemilik matic menilai mobil dengan mesin matic cukup rewel sehingga pemiliknya harus benar-benar hati-hati.

Bukannya menakut-nakuti, tetapi memang jika kamu seorang pemilik mobil mesin matic harus lebih berhati-hati dan rajin-rajin merawat. Lalu perawatan seperti apakah yang dibutuhkan oleh mobil dengan mesin matic? Berikut beberapa perawatan yang bisa segera kamu aplikasikan pada mobil kesayangan.

  1. Membersihkan Lubang Ventilasi Pada AC

Perawatan untuk mobil matic yang satu ini tidak cenderung untuk visual atau estetika, melainkan untuk kesehatan semua orang yang menggunakan mobil nantinya. Dengan ventilasi AC yang bersih maka akan bersih dan menyehatkan pula udara yang dikeluarkan. Bayangkan jika lubang ventilasi pada AC kotor, bukankah akan sangat mengganggu pernapasan? Apalagi jika kamu atau salah satu pengguna mobil nanti memiliki pernapasan yang sensitif.

Untuk membersihkan lubang pada ventilasi AC kamu bisa menggunakan kemoceng terlebih dahulu. Setelah bebas dari debu yang tampak, kemudian bersihkan debu yang tak terlihat dengan kanebo yang telah dibasahi. Penting untuk melakukan dua step ini supaya benar-benar bersih dari debu. Setelah membersihkan menggunakan kanebo basah kemungkinan besar kamu akan melihat kotoran di sana, itulah mengapa dibutuhkan pembersihan ganda.

  1. Merawat Interior Jok

Ada dua cara yang bisa dipilih salah satunya untuk merawat atau membersihkan interior jok. Pertama, kamu bisa memilih untuk membawanya ke bengkel atau jasa pembersihan jok mobil. Pilihan yang kedua adalah untuk membersihkannya sendiri.

Jika kamu memutuskan untuk membersihkan sendiri maka caranya adalah dengan membuka seluruh pintu mobil supaya debunya nanti benar-benar bisa keluar. Setelah dibuka semua, bersihkan perlahan jok menggunakan kemoceng. Jika sudah, ada dua pilihan lagi yang bisa dipilih.

Kamu bisa melanjutkannya dengan membersihkan menggunakan shampo jok mobil. Namun jika kamu tidak memiliki banyak waktu, kamu bisa cukup dengan membersihkannya menggunakan lap atau kanebo basah.

  1. Membersihkan Spion Dalam

Jangan sampai pandangan terganggu hanya karena spion yang kurang jernih. Spion bagian luar memang harus bersih, begitu juga dengan spion bagian dalam. Lagipula, jika spion bagian dalam bersih kamu bisa memastikan tampilanmu oke ketika keluar dari mobil.

Cara membersihkannya mudah saja, kamu bisa menggunakan cairan penyemprot kaca dan mengelapnya. Atau hanya dengan kemoceng dan kanebo saja. caranya masih sama dengan cara membersihkan lubang ventilasi.

  1. Membersihkan Dashboard

Bagian lainnya yang kemudian harus dirawat adalah untuk membersihkan dashboard. Apalagi jika memang dashboard ini sangat kamu andalkan, entah untuk menaruh benda atau lainnya. Sebagian orang juga menggunakan dashboard untuk menaruh makanan, jika kamu salah satunya maka sangat penting untuk memastikan dashboard selalu bersih supaya makanan tetap sehat.

Untuk membersihkannya pun cukup sama dengan cara-cara sebelumnya. Pertama-tama gunakan kemoceng untuk membersihkan debu, baru kemudian bersihkan menggunakan kanebo atau lap basah. Mudah bukan? Sebaiknya membersihkannya lebih perlahan, jangan sampai air pada kanebo tertinggal di dalamnya. Karena dengan demikian, sama saja kotoran akan tertinggal di sana.

Sangat mudah untuk memberikan perawatan sederhana pada mobil matic kesayangan kamu. Apa yang dilakukan sederhana, namun impactnya bisa besar. Akan ada bagian-bagian mobil yang lebih bersih dari sebelumnya sehingga kesehatan pengguna mobil bisa lebih terjaga ketika berada di dalam mobil. Berikut cara merawat mobil matic yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *