Tips Belajar Mobil Manual untuk Newbie

tips belajar mobil

Di zaman yang serba cepat ini seringkali kita dituntut untuk bisa melakukan banyak hal dalam waktu singkat. Tentu mobilitas tinggi mengharuskan seseorang untuk mempunyai kendaraan pribadi seperti mobil. Dibandingkan dengan naik transportasi umum yang menunggu waktu lama, menyetir kendaraanmu sendiri jauh lebih cepat. Namun, nggak semua orang bisa menyetir mobil. Yuk simak tips belajar mobil yang mudah untuk dilakukan.

Belajar mengendarai mobil memang gampang-gampang susah untuk sebagian orang. Apalagi kalau mobil yang digunakan belajar mengemudi adalah mobil transmisi manual. Nggak semua orang bisa beradaptasi cepat saat baru belajar mobil manual. Hal yang sering dialami oleh orang yang baru belajar mobil manual adalah mesinnya mati karena pengemudi belum terbiasa untuk melepas kopling. Untuk meminimalisir kejadian tersebut, ada beberapa tips belajar mobil yang dapat kamu coba sebagai pengemudi newbie.

Mengajak Teman yang Sudah Ahli

Mengajak teman yang sudah ahli mengendarai mobil sangat penting. Kalian berdua bisa berlatih di lapangan. Di sana kamu bisa berlatih di bawah pengawasan temanmu yang sudah ahli tadi. Temanmu yang sudah ahli berkendara tersebut nantinya akan memandu kamu untuk menerapkan ilmu-ilmu dasar menyetir kepadamu.

Pilihlah lokasi yang luas dan sepi seperti lapangan sepak bola. Mulailah belajar dari tahap awal, yaitu dengan menghidupkan mesin , menginjak kopling lalu masuk gigi satu kemudian lepaskan kopling perlahan sambil menekan gas sampai mobilmu berjalan. Ketika mengendarai mobil, jangan panic jika mobil yang kamu bawa tiba-tiba mati karena hal ini sangat wajar.

Membiasakan Mengendalikan Kopling dan Gas

Kamu harus membiasakan diri dengan kapan waktu yang paling tepat melepas kopling serta menginjak gas karena hal ini penting dan kamu harus memperhatikan hal ini sebagai pengemudi pemula. Beberapa orang yang telah mahir menyetir mobil dengan transmisi otomatis terkadang terkendala dalam memainkan kopling dan gas. Banyak dari pemula menginjak gas berlebihan dan nggak dibarengi pelepasan kopling yang tepat. Oleh karena itu, pengemudi harus terbiasa dengan pergerakan mobil dan berlatih menginjak gas dengan perlahan serta melepaskan kopling dengan perlahan.

Berlatih Perpindahan Gigi

ketika kamu sudah bisa merasakan melepaskan kopling dengan tepat, hal yang perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah melakukan perpindahan gigi. Supaya perpindahan gigi bisa berjalan halus, sebaiknya perpindahannya dilakukan di bawah putaran mesin rendah, kira-kira di bawah 2.000 rpm. Kamu juga bisa menghemat bahan bakar dengan melakukan ini.

Berlatih Berpindah Jalur

Setelah kamu sudah semakin lancar dalam perpindahan gigi, kamu bisa mulai berlatih lagi untuk perpindahan jalur secara rutin. Hal ini perlu kamu perhatikan saat berpindah jalur. Kamu harus waspada juga dengan kendaraan yang masuk. Sesekali menengok ke belakang perlu dilakukan untuk memastikan kamu sudah berada di jalur yang aman untuk berpindah jalur. Selain itu memperhatikan keadaan jalan lewat spion samping kanan, kiri dan tengah juga penting.

Berlatih Memutar Setir Kemudi

Selanjutnya yang nggak kalah penting adalah berlatih memutar setir kemudi saat kamu ingin belok. Untuk melatih kepekaan dalam memutar setir kemudi ini, kamu bisa mulai berlatih di jalan yang sempit untuk bisa lebih terbiasa berputar di belokan yang nggak terlalu lebar.

Rutin Berlatih

Setelah kamu sudah mulai lancar dalam menyetir mobil transmisi manual, selanjutnya usahakan kamu rutin berlatih. Usahakan menyetir mobil secara rutin setiap hari dalam sebulan supaya kamu lebih lancar membawanya. Dengan begitu, kepekaanmu menyetir mobil transmisi manual ini semakin terlatih untuk melaju di berbagai kondisi jalan.

Bagaimana mudah banget kan belajar mobil? Yuk segera cobain tips di atas agar kamu lebih lancar di jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *