Tips Berkendara Jarak Jauh Bersama Buah Hati

tips berkendara jarak jauh

Tips berkendara jarak jauh harus diperhatikan bagi kamu yang ingin melakukannya. Saatnya liburan panjang bersama keluarga akan lebih meriah dengan pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi. Sekalipun tempat tersebut ada di luar kota, bukan masalah jika kamu mengendarai mobil pribadi. Kenangan akan liburan ini tidak bisa tergantikan dengan apapun. Anak-anak akan semakin besar dan kamu akan melewatkan usia kecilnya yang seru untuk berpetualang ke daerah baru.

Bagi kamu yang ingin liburan ke luar kota dengan jarak jauh dengan membawa anak kecil, jangan khawatir. Kamu tetap bisa melakukan perjalanan dengan jarak jauh menggunakan mobil bersama keluarga tercinta. Family time ini tidak akan terulang kedua kali dengan umur anak yang sedang lucu-lucunya. Seperti apa persiapan untuk perjalanan jauh bersama anak kamu?

  1. Gunakan Kursi Khusus dan Spion Tambahan

Kenyamanan anak dalam perjalanan adalah kunci kesuksesan dari berkendara jarak jauh untuk liburan keluarga kamu. Untuk itu kamu dapat menyiapkan kursi khusus anak yang dilengkapi dengan seat belt sesuai dengan usianya. Kursi tambahan ini cukup aman dan desainnya disesuaikan dengan usia anak agar tetap nyaman sehingga anak tidak mudah rewel selama perjalanan.

Selain itu kamu juga sebaiknya menambahkan spion yang fungsinya untuk mengawasi aktivitas anak selama di perjalanan. Karena anak yang duduk di kursi khusus pada bagian belakang tentu akan luput dari pandangan jika tidak mengantisipasi cara mengawasinya. Kamu jadi tidak perlu kerepotan untuk menengok ke belakang terus menerus untuk memastikan anak tetap aman.

  1. Sediakan Hiburan untuk Anak

Perjalanan jauh tentu akan membosankan untuk kamu. Apalagi anak kamu yang duduk di belakang. Maka tidak heran anak akan sering rewel selama perjalanan jauh meski sudah kenyang dan popok sudah bersih. Ada lagi yang perlu kamu persiapkan yakni hiburan untuk anak selama di perjalanan. Kamu bisa menyiapkan mainan kesukaan anak atau video dari lagu kesukaan, film kartun dan tontonan anak-anak lainnya.

Hal ini tujuannya adalah agar anak tidak bosan dan tidak rewel. Mendengarkan musik juga dapat menghibur anak selama perjalanan. Kamu dapat memakaikan headphone untuk anak agar dapat mendengarkan musik tetapi tidak mengganggu konsentrasi kamu menyetir.

  1. Tentukan Waktu Beristirahat

Kebutuhan anak selain kenyamanan dan hiburan selama perjalanan yang lain adalah kebutuhan akan buang air. Anak-anak akan lebih sering untuk buang air dalam sehari. Untuk itu kamu dapat beristirahat di rest area atau tempat yang memungkinkan untuk beristirahat untuk memberikan waktu pada anak melepaskan lelah duduk di bangku belakang dan untuk buang air.

Lakukan beberapa kali dengan rentang waktu kurang lebih 3 jam sekali jika jarak perjalanan cukup jauh. Tentunya anak yang rewel karena lelah, bosan dan ingin buang air akan mengganggu konsentrasi kamu dalam menyetir.

  1. Persiapkan Kebutuhan Anak

Kamu dapat membawa kebutuhan anak misalnya baju ganti, bekal makanan hingga obat-obatan yang dibutuhkan. Lebih baik berjaga-jaga selama perjalanan daripada kamu harus kerepotan mencari ganti baju dan makanan yang belum tentu higienis. Anak-anak memang akan sering berganti baju karena faktor keringat, kotor karena mengompol atau kejatuhan makanan. Maka kamu harus mempersiapkan ganti secukupnya.

Sediakan juga makanan yang bersih, minuman yang cukup serta higienis untuk anak. Jika kamu terpaksa untuk membelinya saat perjalanan, usahakan membeli dari tempat yang bersih agar anak tidak mudah sakit karena makan sembarangan.

Memang sedikit merepotkan membawa anak untuk perjalanan jauh. Namun kenangannya tidak akan terlupakan. Ini dia tips berkendara jarak jauh agar nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *