Cara Mengkilapkan Cat Mobil Agar Makin Kinclong

tips membeli mobil bekas

Bagian luar mobil atau yang biasa disebut eksterior sangatlah penting. Pasalnya, bagian inilah yang akan dilihat terlebih dahulu dari sebuah mobil. Maka dari itu, banyak sekali pemilik mobil yang menaruh perhatian lebih pada bagian luar mobil ini khususnya cat mobil. Cat mobil yang mulus, bersih, dan kinclong pastinya menjadi idaman. Dengan kondisi cat mobil seperti ini, mobilmu pasti akan tampil keren dan menawan. Namun, ada kalanya cat mobil terlihat kusam dan tidak terawat. Berikut cara mengkilapkan cat mobil agar makin kinclong dengan mudah.

Hal ini bisa saja disebabkan oleh faktor luar seperti debu, kotoran yang menempel, dan paparan sinar matahari berlebih. Kamu sebagai pemilik pasti akan risau kalau melihat kondisi cat mobil seperti ini bukan? jangan khawatir! Sekarang ada cara mengkilapkan cat mobil agar makin kinclong. Setelah catnya kinclong, pastinya kamu harus menjaga dan merawat agar warnanya tidak lagi kusam. Penasaran? Ikuti terus penjelasan di bawah ini ya.

Cara Mengkilapkan Cat Mobil Agar Makin Kinclong dan Menjaganya

Terdapat beberapa cara mengkilapkan cat mobil agar makin kinclong dan menjaga warnanya agar tetap kinclong. Kamu bisa mengikuti cara-cara ini dengan mudah di rumah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.

1. Cuci Mobil Dengan Shampoo Khusus Mobil

Untuk membuat cat mobilmu lebih kinclong, pastinya kamu harus mencuci mobilmu. Dengan mencuci mobil, kamu bisa menghilangkan segala jenis kotoran yang menempel pada bagian terluar mobil. Jangan salah, kotoran-kotoran inilah yang biasanya membuat cat mobilmu terlihat kusam dan tidak cantik. Maka dari itu, mencuci mobil merupakan langkah pertama yang harus kamu lakukan.

Namun satu hal perlu diperhatikan adalah penggunaan shampoo khusus mobil. Jangan gunakan sabun cuci biasa saat mencuci mobilmu. Hal ini dikarenakan pH sabun cuci biasa dengan shampoo khusus mobil pastinya berbeda. Kadar pH yang terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa merusak cat mobil dan membuatnya kusam. Jadi pastikan untuk menggunakan shampoo khusus mobil ya.

2. Gosok Permukaan Dengan Clay Bar dan Keringkan Dengan Kanebo

Saat mencuci mobil, ada baiknya kalau kamu menggunakan clay bar. Clay bar merupakan benda berbahan dasar karet yang elastis dan lembut. Benda ini bisa kamu gunakan untuk menggosok permukaan badan mobil. Clay bar efektif untuk menghilangkan berbagai macam kotoran yang menempel. Dengan begitu, pencucian mobil yang kamu lakukan bisa lebih efektif.

Pastikan untuk menggunakan clay bar saat mobil dalam keadaan basah dan sudah dilumuri shampoo mobil. Kalau semua kotoran sudah hilang, bilas mobil dengan air bersih dan langsung keringkan dengan kanebo ya! Jangan membiarkan air bekas bilasan mengering dengan sendiri karena bisa meninggalkan noda yang tidak enak dilihat. Jadi, pastikan untuk mengeringkan mobil kamu dengan kanebo setelah selesai mencucinya ya!

3. Tutup Mobil Dengan Cover Pelindung

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan cover pelindung. Kalau semua langkah di atas sudah kamu lakukan, hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah memakaikan cover pelindung pada mobilmu. Cover pelindung khusus mobil akan melindungi badan mobil secara keseluruhan dari atas hingga bawah.

Dengan begitu, badan mobil khususnya cat mobil tidak akan cepat kotor dan kusam. Penampilan mobil bisa selalu terjaga dan terawat. Itulah cara mengkilapkan cat mobil agar makin kinclong. Mudah sekali bukan? Jadi, jangan lupa merawat kondisi cat mobil agar tampilannya bisa selalu cantik ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *