Cara Mundur di Tanjakan Untuk Mobil Manual!

kelebihan mobil matic

Mobil manual merupakan salah satu jenis mobil dengan transmisinya di jalan secara manual. Mobil-mobil manual biasanya digunakan oleh para lelaki. Mobil manual lebih banyak digunakan oleh lelaki dikarenakan sistem transmisinya yang dianggap lebih susah dari jenis mobil lain seperti mobil matic. Selain itu, masyarakat juga menganggap mobil manual lebih susah dikendarai. Namun tidak jarang juga beberapa perempuan memilih menggunakan mobil manual. Berikut beberapa cara mundur di tanjakan yang mudah untuk dilakukan dengan mobil manual kamu.

Semua tergantung dengan selera dari pribadi orang itu masing-masing. Untuk cara mengendarai mobil manual pun sebenarnya tidak jauh berbeda dari mengendarai mobil matic. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang harus dilakukan untuk melalui melewati jenis-jenis medan yang ada dengan mobil manual. Salah satunya adalah jalan menanjak. Untuk maju dan mundur pada jalan yang menanjak, kamu harus melakukan beberapa hal yang berbeda dari mobil matic. Untuk mengetahui lebih banyak, cek tulisan di bawah ini ya!

Cara Mundur Di Tanjakan Untuk Mobil Jenis Manual

Melewati jalan yang menanjak memang menjadi tantangan untuk beberapa pengemudi khususnya bagi seorang pemula. Untuk memajukan atau memundurkan mobil pasti ada cara yang berbeda. Untuk cara mundur di tanjakan dengan mobil manual sendiri, kamu bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini.

1. Arahkan Gigi Ke Posisi R

Untuk jenis mobil manual, pilihan transmisi giginya berbeda dengan mobil matic. Untuk mobil manual sendiri terdapat pilihan angka dari 1 sampai 5 dan huruf R untuk mundur. Saat kamu sedang berada di jalan yang menanjak, tetap injak pedal kopling dan rem secara bersamaan agar mobil berhenti terlebih dahulu. Setelah itu, pindahkan transmisi pada gigi R agar mobil berjalan mundur. Lepas injakan pada pedal rem dan pedal kopling secara perlahan-lahan dan injak pedal gas secara perlahan di saat yang bersamaan. Dengan begitu, mobil akan berjalan mundur. Arahkan stir untuk mencapai posisi yang kamu inginkan.

2. Siagakan Kaki Pada Pedal Rem dan Tangan Pada Tuas Transmisi

Kalau mobil sudah bisa berjalan mundur, jangan lupa untuk selalu siagakan kakimu untuk menginjak pedal rem. Hal ini dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Kalau mobil sudah berjalan mundur menuju posisi yang kamu inginkan, lepas injakan pada pedal gas. Setelahnya injak pedal kopling dan injak pedal rem secara bersamaan sehingga mobil bisa berhenti dengan sempurna.

Kalau kamu khawatir dengan apa yang ada di belakang mobilmu dan butuh untuk maju, kamu bisa melakukan cara ini. Pertama, kamu bisa menginjak pedal rem dan pedal kopling secara bersamaan, memindahkan transmisi ke gigi 1 untuk maju secara perlahan, dan lepas pedal kopling dan injak pedal gas secara bersamaan.

3. Konsentrasi

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah berkonsentrasi. Hal ini dikarenakan sistem transmisi atau cara mengendarai mobil manual bisa saja terlihat sulit bagi sebagian orang. Maka dari itu, kamu harus benar-benar konsentrasi saat berkendara. Hafalkan pilihan transmisi gigi yang ada dan konsentrasi saat menginjak ketiga pedal yang ada di bawah kakimu.

Jangan bingung oleh pedal kopling dan pedal gas. Kedua pedal ini bagaikan sebuah jungkat jungkit. Maka dari itu, kalau kamu ingin menginjak pedal gas lepaskan pedal kopling secara perlahan. Lakukan juga sebaliknya. Perlakukan kedua pedal ini secara bersamaan dan dalam tempo yang pelan. Bagaimana? Mudah sekali bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *