Cara Mengemudi Mobil Di Tanjakan? Simak Tipsnya

cara mengemudi mobil di

Terdapat beberapa jenis mobil yang ada di pasaran. Salah satunya adalah mobil manual. Jenis mobil manual ini merupakan mobil dengan transmisi manual. Berbanding dengan jenis mobil matic dimana transmisinya bersifat otomatis. Pada mobil manual sendiri, terdapat enam jenis gigi percepatan. Enam jenis gigi percepatan ini terdiri dari lima gigi untuk maju dan satu gigi untuk mundur. Selain itu, mobil manual menggunakan kopling untuk memindah transmisi gigi. Berikut pembahasan cara mengemudi mobil di tanjakan.

Maka dari itu, menggunakan mobil manual dan mobil matic pada medan atau jalan tertentu pastinya mempunyai cara yang berbeda-beda pula. Contoh saja untuk jalan yang menanjak. Pada mobil manual, ada beberapa tips dan trik khusus supaya kamu bisa dengan lancar melewati jalanan yang menanjak. Kalau kamu salah satu pemilik mobil manual, ada baiknya kamu cek tulisan di bawah ini. Di bawah ini kamu akan diinformasikan mengenai cara mengemudi mobil di tanjakan khusus untuk mobil manual. Simak terus penjelasannya ya!

Cara Mengemudi Mobil Di Tanjakan Yang Perlu Kamu Ketahui

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa melewati jalan yang menanjak dengan mobil manual. Berikut ada cara mengemudi mobil di tanjakan.

1. Gunakan Pedal Rem dan Kopling

Cara pertama adalah menggunakan pedal rem dan kopling. Terdapat beberapa jenis mobil yang mempunyai pedal rem dan kopling yang berdekatan. Kalau kamu salah satunya, cara ini akan lebih mudah untuk kamu gunakan.

Posisikan transmisi berada pada gigi 1. Untuk berhenti, kamu bisa menginjak pedal rem dan kopling secara bersamaan. Dengan begitu mobil akan berhenti sempurna dan mesin tetap menyala. Untuk kembali menjalankan mobil, lepas pedal kopling dan injak pedal gas hingga 2000 rpm. Saat menginjak pedal gas ini, lepas perlahan pedal rem hingga mobil kembali berjalan.

2. Gunakan Rem Tangan

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan rem tangan. Pada saat di tanjakan dan kamu ingin berhenti, hal yang harus kamu lakukan pertama adalah memposisikan tangan kiri pada rem tangan. Pastikan transmisi berada pada gigi 1. Setelah itu, posisikan kaki kanan tetap siaga menginjak pedal gas. Saat tiba waktunya kamu untuk berhenti, injak pedal kopling dan tarik tuas rem tangan.

Dengan begitu mobil bisa berhenti sempurna dan mesin tetap menyala. Untuk kembali menjalankan mobil, kamu bisa menekan tombol kuncian pada rem tangan. Hal ini dilakukan sambil melepas injakan pada pedal kopling dan menginjak pedal gas hingga 2000 rpm. Dengan begitu, mobil bisa berjalan kembali dengan perlahan.

3. Gunakan Pedal Rem

Hal terakhir yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan pedal rem. Cara satu ini dirasa cukup sulit karena mengandalkan kecepatan dan kelincahan kakimu. Maka dari itu, direkomendasikan untuk mengikuti cara ini kalau kamu sudah terbiasa mengoperasikan mobil manual. Untuk melakukan cara ini, kamu bisa menginjak pedal kopling dan pedal rem secara bersamaan saat ingin berhenti di tanjakan. Di sisi lain, kalau kamu ingin mobil kembali berjalan kamu bisa melepas injakan pada pedal rem dan menginjak pedal gas hingga kecepatan 2000 rpm. Di saat itu juga, kamu harus mengangkat kakimu secara perlahan dari pedal kopling agar mobil tidak termundur ke belakang. Cara ini dikatakan sulit karena walaupun lebih mudah dari cara sebelumnya namun memiliki resiko mobil termundur ke belakang yang lebih besar.

Maka dari itu, cara ini disarankan untuk digunakan oleh orang yang sudah terbiasa menggunakan mobil manual. Itulah beberapa cara mengemudi mobil di tanjakan. Mudah bukan? Jadi, kamu sudah siap untuk mengemudi bersama mobilmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *