Tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai!

tips merawat mobil

Mobil memang menjadi salah satu kendaraan yang banyak sekali dimiliki orang. Selain bisa memuat lebih banyak orang maupun barang, mobil juga dirasa lebih private. Hal ini dikarenakan bagian badannya yang tertutup secara keseluruhan. Kamu juga bisa bebas mengendarai di berbagai cuaca dengan aman seperti pada saat hujan badai sekalipun. Maka tidak heran kalau banyak sekali orang yang memiliki mobil sebagai kendaraan pribadi di samping sepeda motor. Berikut tips merawat mobil yang jarang dipakai agar tetap prima.

Namun, ada kalanya mobil milikmu tidak dipakai dalam beberapa waktu. Hal ini bisa terjadi saat kamu pergi berlibur atau dinas ke luar kota sehingga mobil tidak dipakai. Untuk menjaga mobilmu yang jarang dipakai ini, kamu bisa mengikuti beberapa tips merawat mobil yang jarang dipakai. Mobil sendiri terdiri dari banyak sekali bagian dan komponen. Pada tulisan ini, kamu akan difokuskan untuk merawat bagian eksterior dan interiornya terlebih dahulu. Yuk, simak terus supaya tidak ketinggalan informasi penting ini!

Tips Merawat Bagian Eksterior dan Interior Mobil Yang Jarang Dipakai

Mobil memiliki banyak sekali bagian dan komponen yang harus kamu perhatikan dan rawat. Terlebih lagi kalau mobil milikmu jarang dipakai. Untuk mobil yang jarang dipakai, kamu tidak perlu khawatir. Kamu cukup mengikuti tips merawat mobil yang jarang dipakai agar mobilmu bisa selalu terjaga dan terawat bentuknya. Kali ini, kita akan mulai dari merawat bagian eksterior dan interior mobil.

1. Bersihkan Bagian Luar dan Dalam Mobil

Sebelum meninggalkan mobil dalam waktu lama atau setelah mobilmu tidak digunakan dalam waktu lama, kamu harus membersihkannya. Pembersihan ini mencakup bagian luar dan dalam mobil. Hal ini dilakukan agar kotoran yang ada tidak bertumpuk dan menjadi kerak. Apalagi kalau ada kotoran di bagian dalam mobil.

Hal ini bisa mengundang hewan pengerat maupun serangga bersarang di dalam mobilmu loh! Kamu tidak mau hal seperti ini terjadi bukan? Jadi, pastikan untuk membersihkan semua bagian mobil sebelum maupun setelah mobil tidak digunakan dalam jangka waktu lama.

2. Tutup Rapat Semua Bagian

Sebelum meninggalkan mobilmu untuk pergi liburan atau dinas ke luar kota, pastikan semua bagian tertutup dengan sempurna. Misalnya saja bagian pintu, jendela, kap mobil, dan bagasi mobil. Hal ini dilakukan supaya tidak ada debu, kotoran, atau bahkan hewan yang masuk ke dalam mobilmu. Dengan begitu, bagian dalam mobil akan terlindung dengan sempurna.

3. Tutup Mobil Dengan Cover Pelindung

Selain melindungi bagian dalam mobil, bagian luar mobil pastinya tidak kalah penting. Kamu bisa melindungi bagian luar mobil dengan cover pelindung khusus mobil. Cover pelindung khusus mobil ini biasanya akan menutupi mobil secara keseluruhan. Dari bagian atap hingga ban. Dengan begitu, bagian luar mobil khususnya cat mobil kamu akan terhindar dari paparan sinar matahari langsung, debu, dan lainnya. Cover pelindung khusus mobil ini tidak mahal kok! Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di toko-toko otomotif atau toko barang rumah tangga.

4. Gunakan Kapur Barus

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk merawat mobil yang jarang dipakai adalah menggunakan kapur barus. Kapur barus atau kamper berfungsi sebagai pengharum ruangan, menjaga kelembaban, dan juga pengusir serangga. Kamu bisa meletakkan kapur barus pada bagian lantai mobil khususnya di bawah kursi. Dengan begitu mobil bisa tetap harus dan serangga enggan masuk ke mobilmu.

Itulah beberapa tips merawat mobil yang jarang dipakai pada bagian eksterior dan interiornya. Mudah sekali bukan? Jadi, jangan malas-malas untuk merawat mobil milikmu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *